Rabu, 02 Februari 2011

Umur Burung Cendet Siap Lomba

Umur Burung Cendet Siap Lomba. Yup umur atau usia burung Cendet yang pas dan siap lomba sering sekali menjadi pertanyaan menarik bagi pecinta Burung Cendet khususnya mereka yang memelihara Burung Cendet untuk orientasi Burung Lomba.


Kurangnya pengetahuan dan pengalaman tentang umur burung Cendet siap lomba atau dilombakan inilah yang seringkali menjebak para Cendet Mania pemula kepada kegagalan bahkan perasaan frustasi karena burung Cendet yang awalanya gacor owor-owor tiba-tiba menjadi burung Cendet yang bisu diam seribu bahasa alias burung drop yang harus menjalani treatment khusus untuk pemulihannya.

Ketidaktahuan pemula tentang "umur burung Cendet siap untuk dilombakan" atau diturunkan ke lomba seringkali menyebabkan burung Cendet yang masih dalam kondisi pasca mabung atau burung Cendet tersebut dipaksa lomba padahal belum cukup umur dan Cendet belum tuntas mabungnya atau Cendet tersebut belum ambrol bulunya belum sempurna. Sehingga pasca lomba atau setelah dilombakan Burung Cendet tadi bulu bulunya tiba-tiba ambrol lagi dan ambrol lagi sehingga membuat stress sang pemilik Cendet. Hal ini dapat diakibatkan oleh kondisi bulu burung Cendet yang belum sempurna, sebab setelah mabung umumnya bulu bulu baru burung Cendet masih belum kuat dan sempurna seperti bulu-bulu Cendet pada umumnya alias bulu belum tua dan bisa dibkatakan bulu tersebut masih bulu muda, sehingga begitu burung Cendet pasca mabung tadi buru buru diadu maka bulu-bulunya akan ambrol lagi.

Oleh sebab itulah sebaiknya untuk Cendet yang baru selesai mabung alias belum tumbuh sempurna bulunya, sebaiknya jangan buru buru diadu dengan burung Cendet lain dan tunggu sampai bulu bulunya cukup tua atau sekitar 2 bulan setelah bulu bulu baru tumbuh semua dan bulu tersebut terlihat sempurna termasuk bulu ekor yang paling panjang sudah notok penuh (tumbuh penuh) dan jika sudah notok atau tumbuh penuh atau sekitar lima bulan sejak awal masa mabung Cendet tersebut, barulah Cendet boleh diadu secara bertahap, namun sebelum itu sebaiknya lakukan perawatan intensif untuk burung Cendet pasca mabung dan bertahap kembali ke perawatan harian burung Cendet kesayangan kita.

Kembali ke masalah umur burung Cendet siap lomba mayoritas Cendet dikatakan cukup umur atau siap lomba adalah padaa umur sekitar 2 kali mabung atau dua tahun. Meski demikian, bukanlah patokan mutlak sebab sebagian pemain Burung Cendet Indonesia juga berani menurunkan Cendet mereka ke ajang lomba meskipun burung Cendet mereka masih usia muda atau sekitar umur 1 tahunan ( 1 kali mabung).

Melatih Cendet turun lomba secara bertahap adalah hal penting untuk melatih mental Cendet ke ajang lomba mulai dari melatih diperlihatkan dengan burung Cendet lain dengan cara menggantangkan burung Cendet kita dari jarak jauh dulu dengan waktu sebentar dan tidak perlu lama lama sebab burung Cendet adalah jenis pemangsa sehingga Cendet kesayangan kita dikhawatirkan akan kalah mental jika diadu dengan Cendet mapan lainnya alias Cendet cukup umur apalagi dengan kualitas burung Cendet kelas lomba.

Informasi dan Tips Burung Cendet Indonesia :



Burung Cendet Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Burung Cendet Indonesia. Copyright 2010 All Rights Reserved. Powered By Blogger