Selasa, 11 Januari 2011

Perawatan Harian Burung Cendet

Perawatan harian burung Cendet gampang-gampang susah sebab burung Cendet sebagai salah satu jenis burung berkicau menuntut konsistensi, ketelatenan dan kesabaran dalam perawatan baik perawatan harian Cendet, perawatan Cendet mabung, perawatan burung Cendet pasca mabung, perawatan Cendet pra lomba, hingga perawatan pasca lomba untuk si burung Cendet kesayangan.


Perawatan harian bagi pemilik burung Cendet sebaiknya disesuaikan dengan ketersediaan waktu serta tentunya karakter burung Cendet itu sendiri, sebab satu pola perawatan burung dengan lainnya tidak dapat disamaratakan antara pemilik satu dengan lainnya bahkan burung Cendet satu dengan burung lainnya.

Perawatan harian burung Cendet yang utama adalah konsistensi dalam pemberian pakan, mandi dan jemur serta kebersihan sangkar sehari-hari, oleh sebab itu semakin baik pemilik Cendet mengenal burung Cendet peliharaannya maka semakin mudah pula menentukan pola perawatan harian dan setting untuk burung Cendet yang dimiliki.

Dalam menentukan perawatan harian burung Cendet, Anda tidak perlu sama persis dengan perawatan Cendet si A, Cendet si B, Cendet si C, bahkan Cendet jawara sekalipun, sebab karakter masing-masing burung tidak mungkin 100 persen sama satu dengan lainnya. Kendati demikian, menjadikan pola perawatan harian burung Cendet milik orang lain sebagai referensi tentu bukan hal yang diharamkan, apalagi bertujuan untuk memaksimalkan performa burung Cendet milik kita.

Secara umum perawatan harian burung Cendet dapat dijabarkan sebagai berikut, tentunya disesuaikan lagi dengan karakter burung itu sendiri serta ketersediaan waktu pemilik.

  1. Bangun pagi, kerodong dibuka dan burung diangin-anginkan sekitar 10-15 menit.
  2. Ambil cepuk wadah pakan dan minum, bersihkan lalu ganti dengan voor dan air minum yang baru.
  3. Mandikan burung sesuai kebiasaan, (keramba, cepuk atau semprot dengan sprayer) hingga didis (menyibakkan bulu ekor dan sayap) berkali-kali.
  4. Usai mandi burung Cendet jangan langsung dijemur di bawah matahari, namun diangin-anginkan terlebih dahulu untuk penyesuaian suhu tubuh, saat ini bisa diberikan Ekstrafooding (EF) berupa jangkrik, kroto atau ulat hongkong (sesuai settingan harian yang biasa diterapkan) contoh : 3 jangkrik + 1 sendok makan kroto.
  5. Begitu bulu burung terlihat mengering, masukan cepuk berisi voor dan air minum baru ke dalam sangkar untuk selanjutnya dilakukan penjemuran, sebagian pemilik cendet tidak memberikan cepuk makanan saat penjemuran (kembali kepada kebiasaan masing-masing).
  6. Penjemuran dapat dilakukan antara 15 menit hingga 3 jam tergantung kesiapan burung, kebiasaan, serta lokasi penjemuran. Penjemuran Cendet sebaiknya dilakukan secara bertahap sambil melihat ketahan jemur dari Cendet. Jika anda terpaksa bekerja dari pagi hingga sore hari, maka sebaiknya pilih lokasi penjemuran yang hanya mendapat sinar matahari hingga sekitar jam 11.00 siang, tentunya dengan pengaturan lokasi gantang yang tepat, aman dan efektif.
  7. Setelah penjemuran selesai, burung kembali dianginkan antara 10-15 menit baru kerodong hingga sore hari (sambil dilakukan pemasteran).
  8. Jadwal sore, kerodong dibuka, dianginkan 10-15 menit, Cendet dapat dimandikan kembali, bersihkan kandang dan berikan kembali EF (sesuai kebiasaan).
  9. Usai penjemuran sore, burung kembali dianginkan dan dikerodong untuk dilakukan pemasteran hingga keesokan paginya, selanjutnya pola perawatan harian burung Cendet kembali lagi seperti pada point 1.
Jadwal  perawatan harian burung Cendet di atas hanya gambaran umum perawatan Cendet yang sering dilakukan oleh para mania burung dan tentunya bukan merupakan pola perawatan baku, sebab semua kembai lagi pada kebiasaan serta karakter Cendet itu sendiri, namun kunci dari semua perawatan adalah konsistensi, jangan sekali-kali memilih pola perawatan yang sulit dan membebani diri Anda dalam menjalankan hobi.

Perawatan harian tanpa mandi harian pun dapat Anda terapkan, misalnya seminggu hanya dua kali namun kebersihan kandang harus tetap terjaga, pantau dampak setiap perubahan pola perawatan yang Anda lalukan. Jika cocok dihati dan cocok di burung Cendet Anda, maka mantapkan pola perawatan tersebut dengan konsisten dari pakan, mandi jemur dan ekstra fooding. Konsistensi adalah kunci mendapatkan hasil maksimal dalam perawatan burung berkicau termasuk burung Cendet.


Informasi dan Tips Burung Cendet Indonesia :



Burung Cendet Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Burung Cendet Indonesia. Copyright 2010 All Rights Reserved. Powered By Blogger